Normalisasi Pengairan Desa Sugihwaras

Koramil 0813/07 (Kepohbaru)

Tanggal 18/06/2015, Serda M Syaiful babinsa (Bintara Pembina Desa) desa Sugihwaras kecamatan Kepohbaru, Babinkamtibmas, Kades serta Dinas Pengairan kabupaten melaksanakan pengerjaan  normalisasi pengairan dengan pengerukan sungai yang membentang dari desa Sumbergede sampai desa Sugihwaras.

” Normalisasi pengairan desa Sugihwaras sangat diperlukan guna menunjang kebutuhan air pada tanaman pertanian saat musim kemarau, juga untuk menampung air saat musim penghujan sehingga tidak terjadi luberan air mengarah ke lahan pertanian yang akan berdampak buruk terhadap tanaman padi,” ungkap Danramil Kepohbaru (kapten Arm Teguh Haribowo)

Normalisasi pengairan desa Sugihwaras dengan melakukan pengerukan saluran air yang mengalami pendangkalan yang  membentang dari desa Sumbergede sampai desa Sugihwaras diperlukan untuk kelancaran pengairan.  Pengerukan dilakukan oleh  dinas pengairan kabupaten Bojonegoro melaksanakan pengerukan saluran air dengan kedalaman 11 meter dan lebar 8 meter.

Saluran pengairan desa Sugihwaras merupakan daerah Hilir yang sering terjadi penumpukan air, perlu adanya untuk menampung air yang lebih besar. Untuk itu pengerukannya diupayakan dalam sehingga dapat menampung air yang cukup besar.

” Upaya khusus bidang pertanian khususnya saluran pengairan sangat perlu untuk menunjang meningkatnya hasil panen guna mensukseskan program ketahanan pangan wilayah Kepohbaru,” ungkap Babinsa  (Serda M. Syaiful)

Pada tahun tahun sebelumnya desa Sugihwaras pada saat musim hujan areal pertanian tidak efektif dan sering terjadi luapan air yang berakibat matinya padi, dengan adanya normalisasi pengerukan aliran air diharapkan bisa menampung luberan air sehingga lahan pertanian tidak selalu tergenang air akibat penumpukan air yang berakibat matinya tanaman padi.

Upaya untuk memberi semangat kepada petani harus dilakukan dan memberikan usaha yang dapat dimanfaatkan oleh petani diantaranya normalisasi pengairan kalau perlu bikin sudetan baru untuk mendapatkan aliran air dari waduk Pacal.

Dengan hasil panen yang kurang maksimal dan me mengalami penurunan, perlu adanya himbauan atau penyuluhan dari PPL sehingga petani akan lebih paham tehnik bertani dihadapkan musim saat ini.

Juga perlu di informasikan para petani sehingga dalam pelaksanaan normalisasi keterlibatan petani sangat diperlukan untuk mempercepat pelaksanaan pengerukan yang pada akhirnya menguntungkan para petani dalam mengaliri sawah mereka. (Koramil 0813-07/Kepohbaru)

Subscribe

Terima Kasih Telah Bersinergi Bersama Kami, Ikuti Berita Kodim 0813 Bojonegoro Dengan Follow Artikel dari Web Ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Konten Dilindungi !!